ISLAM VS TERORIS

Teroris.., kata ini polpuler diIndonesia diawal tahun 2000, tentu setelah segolongan yang meletuskan petasan berdaya ledak kimia tinggi “alias BOM” dibeberapa tempat diIndonesia. Dari beberapa sumber yang saya dapat ledakan BOM diIndonesia setidaknya terjadi 25 kali. Hingga terahir kali tanggal 17 Juli kemarin di Ledakan di Ritz Carlton dan JW Marriot. 12 korban tewas.

Bagi saya peristiwa BOM, adalah hal biasa bila dipandang darti sisi hukum, yaitu kriminalitas, hanyalah caranya yang amat keji. Intinya adalh menghilangkan nywa manusia, dan menciptakan rasa takut secara psikis masyarakat. Artinya masih banyak kasus yang esensinya sama.

Yang saya sayangkan adalah adanya kesesatan berfikir kalangan elite, yaitu disangkut pautkan dengan Islam. Sebutlah “jihad”. Tentu yang mengatakan seperti itu adalah umat isla sendiri, yang tau istilah-istiah keislaman. Kenapa teroris itu diidentikan dengan islam…?, kenapa bukan amerika..?, yang telah membantai ratusan ribu rakyat irak, afganistan, iran, yang terakhir kali adalah membantai 2000 lebih rakyat palestina.

Memang…, tak bisa dipungkiri, yang menjadi pelaku beberapa peledakan BOM diindonesia itu adalah umat islam sendiri, ini sangat tidak adil jika isu ini terus berkembang, karena islam mempunyai definisi luas tentang “jihad”. Berkali kali ayat al quran menyebutkan konsep jihad seperti al quran 29:6
” siapa yang berjihad, sesungguhnya untuk diri sendiri”. bahkan dibeberapa ayat madaniyah (Q, 9:41; 49: 15; 61:11; 66:9).
Dideskripsikan sebagai mengerahkan segenap upaya mulai dari hati, lisan sampai dengan tindakan dalam rangka amal ma’ruf nahyi munkar, yang artinya tindakan yang selaras degan segala hukum positif bermasyarakat.

Kemudian beberapa kali BOM disangkut pautkan dengan Islam, pertanyaan aya dimana letak relevasiya…?, terkecuali mereka yang menyetakan seperti itu justru pelaku yang sebenarnya, hanya menacri kambing hitam.

Kriminal adalah kriminal, apapun bentuknya, siapapun pelkunya itu adalah kejahatan, dan harus ditindak, selesai sampai disana.

sekaligus mengkritisi pidato presiden SBY, beberapa jam setelah ledakan, dia menyebut-nyebut politik dan sebagainya, sehingga masyarakat tergiring dengan fikiran sesat seperti itu, kalau bolaeh saya tanya apakah itu bukanlah sikap teroris…?

Kembali ke Terosis dan Islam. Dalam salah satu acaara di Metro TV yang husus menyoroti kasus bom kemarin, yang mencoba menelususri jejak Ibrohim dikediamannya, reporter terkejut setelah melihat tulisan ” be good a moslem”, reporter itu mengatakan ” dan kagetnya lagi terdapat tulisan seperti ini…” sambil menunjuk kalimat itu.

Pelaku BOM mesti diusut sampi keakar-akarnya, namun jangan samapi lupa, pelaku isu sesatpun mesti di tindak secara hukum….

Allah yang maha mengetahui…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s