BUPATI DIMINTA TAK INTERVENSI MUSKAB KNPI

KUNINGAN, (KC).- Bupati dan wakil bupati diminta tidak melakukan intervensi pada Muskab KNPI XII yang akan digelar Selasa (27/9) di gedung KNPI Kuningan, karena keduanya merupakan sosok yang dimiliki oleh semua komponen masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Seharusnya bupati dan wabup jangan ikut campur dalam masalah Muskab KNPI karena beliau-beliau itu merupakan milik semua komponen masyarakat,” ujar aktivis LSM Merah Putih, Boy Sandy Kartanagara, Senin (26/9).
Boy mengungkapkan, dengan masih banyaknya pegawai negeri sipil (PNS) yang menjadi pengurus KNPI setidaknya akan menghambat kemandirian KNPI itu sendiri. “Biarkan KNPI lebih dewasa dalam mengeksplore diri, toh sekarang sudah bukan zaman orde baru lagi,” terangnya.
Pendapat serupa disampaikan mantan Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tahun 2009, Maman Sudiaman. Menurutnya,  jika  ada campur tangan baik dari kalangan eksekutif maupun legislatif pada muskab KNPI nanti, maka itu merupakan sebuah ketakutan  seorang elit politik di kota kuda dan akan membelenggu pemuda dalam berorganisasi. “Paling tidak Bupati sebagai kepala daerah harus bisa memposisikan diri sebagai bapak pemuda, jangan sampai terjebak pada pengkondisian salah satu kandidat,” terangnya.
Maman mengingatkan, dalam perhelatan pemilihan ketua KNPI Kuningan harus terhindar dari kepentingan politik, baik dari eksekutif maupun legislatif demi kemajuan organisasi dimasa yang akan datang.
“Hal inilah yang dari beberapa periode kebelakang tersandung, yaitu dengan intervensi ploitik kekuasaan, sehingga tak ayal terjadi hukum pemuda yang tak sehat, seperti penekanan, intimidasi politik dan karir, hingga politik uang,” ujar mahsiswa S2 IAIN Cirebon ini.
Pada bagian lain Maman mengatakan, Muskab KNPI XII  bukan dijadikan ajang untuk mencari atau memperkuat jabatan semata, namun yang lebih penting adalah untuk menyamakan persepsi semua komponen muda Kuningan dalam membangun daerah. “Paling tidak tiga unsur  harus dilahirkan dalam Musda KNPI yang akan digelar besok (hari ini, red), yakni momentum pembenahan moral, konsolidasi gerakan dan menampung intelektual pemuda. Ketiga unsur ini merupakan kekayaan hakiki pemuda,” terang mantan Ketua Cabang HMI Kuningan 2008 ini.
Sementara itu berdasarkan catatan panitia, tercatat empat kandidat  bakal bertarung memperebutkan bursa calon Ketua KNPI periode 2011-2014 dalam Muskab KNPI yang akan digelar  di Gedung Pemuda Kuningan, Selasa (27/9) ini.
Mereka masing-masing Uus Yusuf yang diusung DPC Generasi Muda Pembangunan Bangsa, Alex Iskandar dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Dani Nuryadin yang diusung Keluarga Intelek Muda Partai Golkar dan Nanang Abdurahman dari Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah.(C-32/C-30)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s